Saturday, April 27, 2019

DATA MINING

Pengertian Data mining

 


Selamat pagi temen-temen dalam postingan saya sebelumnya sudah membahas tentang fenomena BIG DATA , Big Data sendiri terjadi karena ada nya gelombang Tsunami data yang dihasilkan dari kemajuan teknologi khusus nya di bidang komputer... nah pertanyaan saya apa yang harus dilakukan dari Tsunami Data yang datang begitu besar ?  ternyata dari data-data itu kita dapat menambang sebuah pengetahuan baru yang dihasilkan dari Tsunami data tersebut temen-temen.
Teknik ini disebut DATA MINING(Menambang Data). Apa itu Data Mining?
Data Mining adalah Disiplin Ilmu yang mempelajari metode untuk mengesktrak pengetahuan atau menemukan pola dari suatu data yang besar (Romi Satria Wahono).
ada beberapa nama lain Data Mining seperti :
1. Knowledge Discovery in Database(KDD)
2. Knowledge Extraction
3. Pattern Analysis
4. Information Harvesting
5. Business Intellegnt
Untuk kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini temen-temen sebuah data mining itu terjadi 
Definisi Data mining menurut para Ahli :
1. Melakukan ekstraksi untuk mendapatkan informasi penting yang sifatnya implisit dan sebelumnya tidak diketahui, dari suatu data (Witten et al., 2011).
2. Kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data historis untuk menemukan keteraturan, pola dan hubungan dalam set data berukuran besar (Santosa, 2007).
3. Extraction of interesting (non-trivial, implicit, previously unknown and potentially useful) patterns or knowledge from huge amount of data (Han et al., 2011).
Data mining sendiri juga memiliki banyak hubungan dalam berbagai bidang temen-temen anatar lain seperti gambar dibawah ini
Nah itu lah penjelasan singkat tentang data mining jadi data mining berperan penting dalam setiap bidang, dan lain kali insyaAllah admin akan membahas tentang proses data mining , dan bagaimana langkah-langkah me mining Data dari sebuag Big Data
terima kasih
semoga bermanfaat :)
 
 
Sumber : http://hasbisusilo.blogspot.com/2019/02/data-mining.html
 

0 komentar:

Post a Comment